Langsung ke konten utama

Cara Menghitung Kalori Untuk Pemula

Hai healthy people, kali ini saya akan share tentang cara menghitung kalori untuk pemula. Penghitungan kalori ini sangat wajib kalian lakukan ketika ingin memulai diet karena penghitungan kalori ini akan menjadi patokan kalian dalam mengkonsumsi dan mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh kalian.

Pertama, kalian harus tahu kebutuhan kalori harian kalian. Alternatif pertama yaitu Kalian bisa memakai timbangan yang ada di tempat gym seperti gambar di bawah ini :
Berikut contoh hasil timbangan saya menggunakan timbangan yang ada di tempat gym :

Menurut saya, timbangan ini lebih akurat karena badan kita ditimbang secara langsung jadi angkanya sangatlah akurat. 

Tetapi karena tidak semua orang mempunyai akses untuk ini karena tidak memiliki member gym, maka saya sarankan Alternatif kedua yaitu menggunakan kalkulator online di google. Caranya yaitu cari aja di google dengan keyword "calories calculator" terus pilih deh yang seperti di bawah ini :
Cara pengisiannya :
-     Age : isi umur kamu, misalnya saya : 21 tahun.
-     Sex : Jenis kelamin, misalnya saya : wanita pilih “Female”
-     Height : Tinggi badan, pilih “Meters” Kemudian pada Kolom pertama isi Meter, kolom kedua isi Cm, misalnya saya dengan tinggi badan 155 cm maka saya isi di kolom pertama 1 dan kolom kedua 55.
-     Weight : Berat badan, pilih “Kilograms” kemudian isi berat badan kamu, misalnya saya 50,8 Kg.
-     Goal : Apa pencapaian kamu. Fat loss lebih kepada program penurunan berat badan, Maintenance lebih kepada program pembentukan tubuh agar ideal, sedangkan Muscle Gain lebih kepada meningkatkan massa otot.
-     Activity Level : Seberapa aktif kamu dalam keseharian.

Kemudian klik “Calculate”, lalu akan muncul “Target Daily Caloric Intake” yang merupakan Target asupan kalori harian kalian.  

Kedua alternatif Penghitung kalori ini memiliki perbedaan jumlah asupan kalori harian yang tidak begitu jauh. Timbangan : 1149, sedangkan pada Website : 1191 kalori. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua alternatif penghitung kalori ini sangatlah akurat.

Sekian informasi mengenai cara menghitung kalori untuk pemula. Selanjutnya saya akan membahas dan mengajari bagaimana cara menggunakan aplikasi penghitung kalori untuk kalian para pemula. Jika kalian mempunyai saran apa yang harus saya bahas berikutnya, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya 😁

Untuk informasi diet ter-update, sudah saya sharingkan di Instagram saya sendiri (ig: @sellykarmila) di highlight story yaa ^^ Nantikan postingan-postingan berikutnya. Thank You for reading it ♡

Komentar

Posting Komentar