Langsung ke konten utama

Aplikasi Pengontrol dan Penghitung Kalori Termudah

MyFitnessPal merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu kita dalam mengontrol dan menghitung kalori harian kita. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama saya ketika memulai proses diet. Menurut saya, Aplikasi ini merupakan aplikasi penghitung kalori tercepat dan termudah karena memiliki sebuah basis data yang menampung banyak sekali jenis makanan dan lebih besar daripada aplikasi penghitung kalori lainnya.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi ini :
1. Pertama, kalian dapat men-download aplikasi ini di Play Store ataupun App Store.

2. Setelah di-download, akan muncul tampilan pertama seperti ini :

Dimana kita diminta untuk memilih apa target kita, apakah Lose Weight (menurunkan berat badan), Maintain Weight (menjaga berat badan {ideal}), Gain Weight (menaikkan berat badan), pilihlah berdasarkan target kalian.

3. Kemudian setelah itu akan muncul pertanyaan “How active are you” yang berarti seberapa aktif kamu dalam keseharian.


Pilihlah sesuai dengan aktivitas keseharian kamu.
*Not Very Active : Misalnya untuk kamu yang bekerja hanya duduk saja seperti teller atau pekerja kantoran.
*Lightly Active : untuk kamu yang menghabiskan sebagian hari kamu dengan berdiri atau berjalan kaki, seperti  guru, sales, dll.
*Active : untuk kamu yang menghabiskan sebagian hari kamu dengan melakukan aktivitas fisik seperti waiters, pengantar paket, dll.
*Very Active : untuk kamu yang menghabiskan hamper seluruh hari kamu dengan aktivitas fisik yang berat seperti kuli bangunan, tukang kayu, dll.

4. Lalu isi sesuai identitas diri kalian.
*Male : laki-laki, Female : Perempuan.
*When were you born? : kapan kamu lahir?
*Where do you live? : dimana kamu tinggal?


5. Isi tinggi badan, berat badan kamu sekarang, dan berapa target berat badan kamu.


6. Goal / Target : berapa target kamu perminggunya. Direkomendasikan penurunan 0,5 kilogram per minggu untuk pemula agar tidak begitu berat dalam mempertanggungjawabkan target kalian.


7. Details : pengisian alamat e-mail, password, dan nama account, lalu klik sign up.


8. Kemudian akan muncul total kalori harian kamu, target penurunan berat badan, dan kapan kamu akan mencapai target berat badan impianmu.


9. Kemudian klik “continue” dan akan muncul seperti ini :


Klik tombol + yang terletak pada bagian tengah bawah layar kalian dan akan muncul :
*Status : layaknya facebook, status ini bisa kalian bagikan (bila diperlukan) untuk testimony, dll.
*Water : berapa liter air yang kamu minum. (kalau ribet, di-skip juga gpp)
*Food : makanan apa saja yang kamu makan.
*Exercise : aktivitas atau olahraga yang kamu lakukan.
*Weight : berat badan, bisa diisi ketika kamu mengalami pengurangan ataupun penambahan berat badan (seperti progress)

Kira-kira seperti itu cara membuat account pada aplikasi ini. Kemudian saya akan mengajari bagaimana cara mengisi makanan yang kamu konsumsi.
- Pilih “Food”, kemudian akan keluar option “Select A Meal” yang berisi Breakfast, Lunch, Dinner, dan snack.
- Untuk breakfast, misalnya anda mengkonsumsi satu buah pisang dan 250 ml Low Fat Milk. Search Banana, dan akan keluar seperti gambar di bawah ini. Usahakan memilih makanan yang telah bercentang hijau (lebih akurat).


Setelah dipilih akan muncul kalori dan nutrition fact dari pisang tersebut. lakukan dan tambahkan makanan lainnya yang kamu makan di pagi hari.


- Untuk Lunch, misalnya anda mengkonsumsi nasi merah ½ cup, dada ayam panggang, dan 150 gr brokoli. Maka isi seperti berikut :


Dari contoh pengisian tersebut, anda telah mengkonsumsi 185 kal pada pagi hari dan 335 kal pada siang hari.

- Untuk malam hari misalnya anda mengkonsumsi indomie kaldu ayam 1 bungkus dan telur 1 butir. Maka lakukan pengisian seperti di bawah ini :


Dari gambar di atas, kesimpulannya adalah 1200 (maksimal kalori harian) – 961 (total kalori dari yang kalian makan) (185 {breakfast} + 335 {lunch} + 442 {dinner) + 9 (olahraga yang kamu lakukan. Fyi, itu 9 otomatis dari iPhone biasanya dari step/langkah kaki) = 248 (sisa kalori yang masih boleh kamu makan atau dibiarin sebagai kalori defisit)

Fyi : Ketika kita melakukan diet kalori, otomatis asupan kalori dalam tubuh berkurang, dan tubuh akan mengimbanginya dengan membakar lebih sedikit kaloriDefisit kalori juga akan menyebabkan hilangnya massa otot (dapat ditanggulangi dengan berolahraga).

Jika makanan yang kalian konsumsi merupakan produk makanan yang memiliki kode barcode, aplikasi ini menyediakan scanner untuk men-scan tanpa menulis nama produk di bagian search. seperti gambar di bawah ini :


Untuk pemula, aplikasi ini pasti akan membuat kalian bingung karena ribet banget dan banyak detail-detailnya. Step awal untuk yang baru banget coba aplikasi ini, kalian ikuti aja langkah-langkahnya.

Intinya yang penting kalian jangan panik dulu dan jangan ngeluh dulu karena ini hanya susah di awal tapi percaya, aplikasi ini sangat memudahkan kalian dalam mensukseskan diet kalian dan saya pribadi sekarang sudah tidak terlalu pakai aplikasi ini lagi karena sudah bolak-balik masukin makanan ke aplikasi ini, kurang lebih saya udah bisa nebak-nebak sendiri makanan apa yang kurang dan lebih tanpa harus pakai aplikasi lagi (selama makanan yang dikonsumsi masih mirip-mirip setiap harinya) Untuk awal masukin aja semua makanan harian yg biasa dikonsumsi, setelah itu perhatikan Total kalori yang dikonsumsi setiap harinya (apakah lebih atau di bawah target) lalu, setelah tahu kurang / lebih total kalorinya Klik Nutrition, perhatikan tabel protein, lemak, carbs dll, lihat mana yang melebihi goal dan mana yang jauh kurang dari goal, ketika esokan harinya coba perbaiki bertahap misal : Total kalori kalian berlebih 500 kalori, dan pada tabel nutrition terlihat protein jauh di bawah target dan carbs berlebih, maka keesokkan harinya coba bertahap kurangi asupan karbo dari nasi atau apapun dan coba naikan protein bisa tempe, tahu, ikan, putih telur, dada ayam ,dll. Kurang lebih seperti itu mensiasati di awal sampai akhirnya goal, total kalori atau goal detail permacronya terpenuhi.

Sekian informasi mengenai aplikasi MyFitnessPal ini. Jika kalian mempunyai saran apa yang harus saya bahas berikutnya, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Untuk informasi diet ter-update, sudah saya sharingkan di Instagram saya sendiri (ig: @sellykarmila) di highlight story yaa ^^ Nantikan postingan-postingan berikutnya. Thank You for reading it

Komentar

Posting Komentar