Langsung ke konten utama

Tips Diet Sukses Ala Selly Karmila

Hai healthy people, hari ini saya akan memberikan tips-tips diet sukses. Ada 3 kunci sukses diet (ANTI GAGAL kalau KONSISTEN dan KOMITMEN).



1. Pola makan
Pola diet saya bisa disebut dengan Intermitten Fasting. Diet ini dapat disebut juga dengan diet puasa. Diet ini juga merupakan metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama waktu/jam tertentu (tetapi masih boleh minum). Bedanya dengan diet lainnya, diet ini tidak mengatur makanan apa yang harus dikurangi atau apa yang harus dikonsumsi, namun lebih mengatur kapan kalian harus makan dan kapan kalian harus berhenti makan.

Berdasarkan pengalaman saya, saya mengatur jam makan saya yaitu 4 jam setelah bangun baru boleh makan dan 4 jam sebelum tidur sudah tidak boleh makan. Saya bangun jam 8 pagi, kemudian gym 1 jam, setelah gym saya masak (akan saya share makanan/resep masakan yang saya masak di next posting ya :D), kira-kira saya makannya jam 12 siang dan karena saya masuk kuliah jam 5.20 dan pulangnya sudah mau jam 9, maka saya biasanya makan sebelum berangkat ke kampus di jam 4.30.

Manfaat dari Intermitten Fasting ini yaitu untuk mengatur pola makan yang tidak beraturan dan dapat memperbaiki dan melatih ketahanan tubuh dan metabolisme rubuh. Semakin cepat proses metabolisme tubuh, maka tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif serta membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan.
Fyi, hormon insulin merupakan bagian penting dari sistem metabolisme tubuh dan penting dalam mengubah glukosa menjadi energi.

Jika kalian belum terbiasa dalam melakukan diet ini ataupun belum terbiasa untuk tidak sarapan, kalian bisa memundurkan jam makan ini secara perlahan. Kalian bisa memulai memundurkan jam makan ½ jam perharinya.

2. Pola Tidur
Tidur yang cukup akan meningkatkan metabolisme yang terjadi pada tubuh kita. Jam tidur yang dianjurkan yaitu 6-8 jam per hari. ketika tidur, kalian akan rileks dan metaabolisme kalian berjalan dengan normal, kalian akan mencerna makanan dengan mudah. berkurangnya tidur akan mengurangi produksi hormon ghrelin dan leptin. hormon ghrelin yang membuat anda selalu ingin makan lagi dan lagi. sedangkan hormon leptin yang memberi signal ke otak untuk berhenti makan. karenanya, produksi kedua hormon tersebut menurun sehingga otak tidak mendapatkan signal kapan harus berhenti makan. jadi, pola tidur itu penting ya guys.

3. Pola Olahraga
Setelah memperhatikan pola makan dan pola tidur, kalian juga perlu berolahraga. Seiring bertambahnya usia, kemampuan otot pencernaan bisa semakin berkurang. Metabolisme tubuh juga menjadi lambat. Olahraga yang teratur dapat membakar kalori dimana akan membantu menurunkan berat badan dan berfungsi untuk menaikkan massa otot sehingga akan membentuk tubuh anda menjadi lebih bagus.

Berikut beberapa olahraga yang dapat kalian lakukan dan kalori yang terbakar (estimasi):
Jogging (berlari santai) selama 1 jam dapat membakar 477 kalori. Berlari termasuk salah satu olahraga sederhana yang membakar banyak kalori, serta mampu meningkatkan level ketahanan agar kalian tidak mudah lelah saat beraktivitas sehari-hari
Berjalan kaki selama 1 jam dapat membakar 239 kalori. Bila kalian memiliki masalah sendi atau tidak mempunyai waktu khusus untuk jogging, kalian dapat meningkatkan jalan kaki di antara kegiatan kalian, misalnya berjalan menuju restoran, tidak menggunakan lift dan lebih banyak menggunakan tangga, dan lain-lain.
Angkat beban selama 1 jam dapat membakar 341 kalori. Angkat beban tidak selalu dikaitkan dengan tubuh berotot milik binaragawan. Olahraga ini cukup penting bagi kalian yang tidak ingin tampak ‘lembek’, misalnya untuk memangkas lemak pada lengan dan perut yang bergelambir.
Bersepeda selama 1 jam dapat membakar 508 kalori. Bersepeda termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat diandalkan.
Berenang selama 1 jam mampu membakar 546 kalori. Sesungguhnya jumlah kalori yang terbakar sangat bergantung dengan jenis gaya renang yang dilakukan. Renang gaya kupu-kupu dan gaya dada termasuk sebagai gaya renang yang paling menghabiskan kalori.

Olahraga tidak harus berat. Intinya rutin dan konsisten saja. Olahraga adalah cara terpenting untuk membakar lemak yang sudah menumpuk pada tubuh. Ketahuilah bahwa lemak bukanlah cadangan energi yang digunakan pertama kali saat tubuh kekurangan energi. Pertama-tama, tubuh akan menggunakan glukosa dan glikogen sebagai pemasok energi. Saat keduanya telah habis, barulah lemak akan dipecah menjadi sumber energi.

Dengan begitu, olahraga yang paling tepat untuk seseorang yang ingin menurunkan lemak dan mengalami obesitas adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalnya durasi olahraga harus mencapai 45 menit hingga 1 jam (hingga cadangan lemak harus dibakar untuk memperoleh energi).

Sekian informasi mengenai tips-tips diet ala saya sendiri. Semoga dengan adanya sharing pengalaman ini dapat memotivasi kalian dalam melakukan diet. Terima Kasih telah meluangkan waktu untuk membaca blog ini. Nantikan postingan-postingan berikutnya ya..

Komentar