Langsung ke konten utama

SPSS: Hasil Uji Kualitas Data


Hai Pejuang Skripsi, hari ini saya akan memberitahu anda langkah-langkah untuk mencari “Hasil Uji Kualitas Data”. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui apakah data yang digunakan valid dan reliable sebab kebenaran data yang diolah sangat menentukan kualitas hasil penelitian. Adapun alat analisis uji kualitas data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas.

1.   Uji Validitas

Uji validitas dilakukan untuk menguji kelayakkan kuesioner. Pengukuran uji validitas dapat dilakukan dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan r tabel untuk degree of freedom (df) = n-2, dimana n adalah jumlah responden. Untuk mengukur valid tidaknya instrumen ditentukan dengan cara membandingkan hasil perhitungan koefisien dengan nilai tabel koefisien pada taraf signifikan 5% atau taraf kepercayaan 95%. Suatu pernyataan atau indikator dikatakan valid jika:
a.    Apabila π‘Ÿβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’l  =  valid
b.    Apabila alpha 5% > sig  =  valid

Langkah-langkah menguji validitas menggunakan SPSS :
1.    Analyze – Correlate - Bivariate

2.    Kemudian pindah X11-X16 dan X1 ke sebelah kanan.

3.    Kemudian muncul hasil output seperti di bawah ini:
Hasil yang diambil dari tabel di atas yaitu pearson correlation pada kolom fasilitas.

Dimana Berdasarkan data pada tabel di atas, menunjukkan bahwa ke-6 pernyataan variabel fasilitas dinyatakan Valid, karena nilai π‘Ÿβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’l dimana :
π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’l = 0,261, 
π‘Ÿβ„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 0,879; 0,744; 0,777; 0,857; 0,786; 0,775 
dan signifikan 0,05 > 0,000 sehingga pernyataan-pernyataan tersebut dapat dipergunakan dalam penelitian.
Cara melihat π‘Ÿπ‘‘π‘Žπ‘π‘’l = 
DF = n-2, dimana n pada contoh yang saya buat yaitu 57, dan DF = 57 – 2 = 55.

2.   Uji Reliabilitas

Suatu kuesioner dikatakan reliabel atau handal jika jawaban seseorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu. Teknik uji reliabilitas yang digunakan adalah teknik alpha cronbach > 0,60. Jika nilai cronbach alpha > 0,60 maka pernyataan variabel tersebut reliabel dan sebaliknya jika nilai cronbach alpha < 0,60 maka pernyataan variabel tersebut tidak reliabel.
Cara menguji reliabilitas :
1.    Analyze – Scale – Reliability Analysis

2.    Kemudian pindahkan X11-X16 ke sebelah kanan, kemudian klik OK.

3.    Kemudian muncul output seperti di bawah ini:

Hasil yang dilihat yaitu pada cronbach’s Alpha di tabel reliability statistic. Berdasarkan data pada tabel di atas menunjukkan bahwa nilai Alpha Cronbach untuk variabel fasilitas dalam penelitian ini bernilai 0,877 dimana nilainya di atas 0,60. Hal ini menandakan bahwa kuesioner variabel fasilitas penelitian ini reliabel sehingga dapat diteruskan untuk melakukan penelitian.
Maka dapat disimpulkan bahwa data kuesioner pada variabel fasilitas dinyatakan valid dan reliabel. Lakukan step tersebut untuk variabel lainnya.



Komentar

Posting Komentar